Artikel

Minggu, 05 April 2020

Blended Learning for WFH in SPENSAYO

Blended Learning at WOrk From Home ala SPENSAYO





Pada awal merebaknya Pandemi Covid-19, utamanya sampai dengan awal bulan Maret 2020 yang dipandang sangat urgen untuk mencegah penyebaran yang lebih luas di tengah masyarakat Pemerintah melalui Kemdikbud merespon dengan mengeluarkan edaran yang mengharuskan siswa untuk belajar mandiri di rumah menggunakan jalur online. dan ini direspons oleh Dinas Pendidikan Kabupaten dengan mengeluarkan turunannya. Ini menjadi tantangan sekaligus peluang untuk para stake holder pendidikan utamanya guru agar mampu berkreasi dan berinovasi menciptakan layanan pendidikan ke peserta didik menggunakan aplikasi LMS yang selama ini belum optimal penggunaannya. 


Selama ini masih jarang ditemukan guru yang secara konsisten menggunakan LMS untuk pembelajarannya. LMS semacam edmodo, google classroom, schology, genio, zenius, belumlah membudaya dan masih asing di sebagian besar guru guru kita. Layanan pembelajaran daring sebenarnya sudah disedikan Kemdikbud di laman rumah belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id/ dan ada beberapa yang berbayar seperti ruang guru, quiperschool dan sejenisnya. Masalah yang terjadi selama ini antara lain : pemanfaatan HP untuk pembelajaran masih sangat minim, banyak sekolah yang menerapkan larangan HP dibawa ke sekolah, demikian juga banyak tersedia LMS (learning management system) pendukung pembelajaran yang masih minim dikenal dan jarang
digunakan guru, selain itu pemanfaatan laboratorium komputer di sekolah belum optimal, karena guru masih minim mendapatkan kesempatan pendidikan dan latihan pembelajaran berbasis IT, guru lebih banyak mencari informasi secara mandiri yang bagi sebagian guru tidak mau keluar dari zona nyaman sehingga jarang update dan up grade ilmu yang dimiliki. Guru merasa percaya diri dengan segudang pengalaman mengajarnya yang kadang memaksakan diri untuk diterima pola doktrin pembelajaran ke peserta didiknya yang belum tentu sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya. Peserta didik ''zaman now'' perlu mendapatkan layanan pembelajaran yang disesuaikan dengan zamannya. ini yang terkadang kurang direspons oleh guru guru yang tidak mau keluar dari zona nyaman. Disisi lain kepala sekolah kurang memfasilitasi akan kebutuhan proses pembelajaran yang dibutuhkan oleh perubahan zaman. Optimalisasi teknologi melalui pemanfaatan handphone dapat mendekatkan komunikasi antara pendidik dan peserta didik dalam menerapkan pembelajaran abad 21 yang sesuai dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) yaitu peserta didik dituntut untuk memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia. 

Selaras dengan implementasi pembelajaran ke peserta didik, pendidik sebagai sumber belajar utama dirasa tidak memadai lagi, sumber belajar pendidik/guru harus terintegrasi dengan sumber belajar lain, yaitu sumber belajar cetak, audia, audio visual, dan komputer. Bahkan perlu juga memanfaatkan handphone sebagai mobile learning alat bantu media dan sumber pembelajaran. Blended Learning melalui Sarana handphone dalam pemanfaatan googleclassroom dan quizizz untuk mendukung pembelajaran dapat dijadikan salah satu alternatif alat dalam rangka menumbuhkan karakter budaya belajar di lingkungan pendidik dan peserta didik di sekolah. Gerakan memanfaatkan handphone dalam blended learning  google classroom dan quizizz dalam mendukung Work From Home (WFH) di sekolah agar membudaya perlu ada regulasi lokal tingkat sekolah secara jelas yang mengatur dan memfasilitasi terjadinya suasana kondusif agar terjadi komunikasi yang sehat dalam suasana kekeluargaan dan meminimalisasi penyalahgunaan penggunaan handphone di kalangan peserta didik utamanya dengan pengawasan dan kontrol yang ketat dari  orangtua dan stakeholder sekolah pada umumnya
Untuk mendukung situasi kondisi belajar mandiri di moment ini tepatlah jika guru menggunakan 'Blended Learning ' yang menggabungkan beberapa teknik dan strategi pembelajaran dan fokus untuk pelayanan pembelajaran daring/online. Blended Learning di SMP Negeri 1 Adimulyo fokus menggunakan google classroom dipadukan dengan quizizz..

Strategi Pelaksanaan Blended Learning

Pelaksanaan Blended Learning  penerapan GoogleClassroom dipadukan Quizizz di SMP Negeri 1 Adimulyo terdiri dari beberapa tahap 
a.  Perencanaan 
b.  Pelaksanaan 
c.  Monitoring dan Evaluasi 
d.  Tindak lanjut

Untuk bahan kordinasi dan komunikasi maka strategi pelaksanaan Blended Learning terbagi dalam fase waktu tiap pekannya. Satu Pekan terdiri dari 6 hari kerja ( seminggu) dan terhitung mulai tanggal 16 Maret 2020. Lebih lengkapnya seperti berikut ini:

#PEKAN WFH-1 ( 16-21 Maret 2020)

1.  Perencanaan :
Pada tahap perencanaan dilakukan pemetaan kebutuhan yang mencakup kesiapan dari berbagai unsur yang tersedia seperti : 
a.  rapat kordinasi terbatas ( KS dan Strukutur Sekolah) disesuaikan dengan protokol kesehatan WHO yang ada di edaran WFH 
b. ceking Kesiapan sarana dan prasarana dari sekolah seperti komputer, wifi/jaringan dan handphone yang dimiliki oleh guru 
c. ceking dan pengumpulan informasi awal kompetensi guru dalam penguasaan IT, bisa membuat, memanfaatkan aplikasi LMS yang tersedia 
d.  ceking dan pengumpulan informasi sumberdaya pendukung dari siswa terutama kepemilikan HP dan grup WAG Kelas 
e.  pembentukan TIM Kerja (Kurikulum) dan pembuatan jadwal(piket) untuk pelatihan Guru dalam memanfaatkan Google Classroom , G-Form dan Quizizz 
f.  sosialisasi tugas pembelajaran daring/online ke siswa lewat media komunikasi sekolah seperti FB, IG, website sekolah maupun grup WA kelas dan WA grup secara umum tiap jenjang kelas 

Dari tahap perencanaan ini didapat data terkait informasi awal sarana pendukung baik dari siswa, kompetensi guru, sarana prasarana dan terbentuk TIM KERJA yang dikordinir oleh Urusan Kurikulum. 

2.  Pelaksanaan:

Langkah pelaksanaan dimulai oleh kerjanya TIM Kerja Kurikulum didalam merancang jadwal piket guru, jadwal piket TU, jadwal piket tenaga umum, kemudian fokus pada :



#PEKAN WFH-2 ( 23-28 Maret 2020)


Pelatihan Guru dalam membuat akun Google sebagai modal untuk menggunakan google classroom dan Quizizz, waktunya pada Pekan WFH-1 pesertanya disesuaikan dengan kehadiran guru piket dan guru yang sukarela hadir. kegiatan ini dilaksanakan di ruang laboratorium komputer yang terfasilitasi jaringan wifi. Materinya Pembuatan AKUN GOOGLE (membuat email gmail) dan sosialiasasi LMS seperti google classroom , schology, ruang guru, quiperschool, zenius, sekolahmu dan pengenalan untuk pembuatan soal latihan untuk siswa melalui aplikasi g-form dan QUIZIZZ 


  1. Sebagai bahan praktek hasil pelatihan pembuatan akun google dan pengenalan LMS , maka guru diarahkan praktik membuat SOAL PTS dengan aplikasi QUIZIZZ. Jadwal PTS di SMPN 1 Adimulyo ikut terkena imbas dari surat edaran Kemdikbud, sehingga ini saat yang tepat untuk mempraktekan pembelajaran daring/online. Hasil dari pembuatan Quizizz soal PTS oleh guru mapel ini kemudian diblended /dipadukan dengan google classroom. untuk tahap awal dibuat untuk tujuan ujicoba.
  2. Kelas -kelas pada google classrrom dan link quizizz yang berisi soal PTS yang terbentuk kemudian dibagikan dan disosialisasikan kepada siswa melalui jaring media sosial komunikasi sekolah seperti FB, IG , website sekolah maupun Whatsapp Grup Kelas.
  3. siswa melakukan ujicoba sementara terhadap googleclassroom dan quizizz yang sudah disediakan sekolah
  4. disediakan helpdesk / bantuan dari TiM untuk menampung kesan, saran masukan untuk perbaikan pada saat pelaksanaan utama nantinya.




#PEKAN WFH-3 ( 30 Maret - 4 April 2020)


Setelah semua tugas mapel tersedia di google classroom dan dipadu dengan tugas melalui Quizizz pada edisi ujicoba selesai, maka berdasar hasil masukan, saran dan tanggapan dari peserta pengguna maka dilakukan penyempurnaan dari segi konten maupun secara teknik maka dilaunching jadwal dan tata aturan mengenai panduan mengerjakan, selengkapnya pada jadwal berikut :





Sampai dengan Sabtu, tanggal 4 April 2020, telah terlaksana 4 hari pelaksanaan PTS dengan model daring/online. Hal ini sangat membantu program WFH dan belajar dari rumah.

3. Monitoring dan Evaluasi

Selama pelaksanaan PTS berlangsung, semua guru mapel dan TiM Kerja Kurikulum selalu update melaporakan perkembangan hasil pengerjaan peserta didiknya. 

a.  Tim Kerja Kuriklulum selalu membantu kesulitan yang dialami oleh ibu/bapak guru maupun peserta didik. 

b.  Pada proses ujicoba ditemukan banyak yang belum aktif dan belum tersampaikan pesan komunikasi dari sekolah, sehingga response baru menjangkau 60% dari jumlah siswa 420-an siswa. Kemudian ditindaklanjuti dengan sosialisasi secara gencar dan individual serta mengajak peran serta dari anggota grup WAG untuk menyebarluaskan informasi dari sekolah. 

c.  hasil dari ujicoba dilakukan beberapa kali dan secara kontinyu sambil mengajak untuk yang belum gabung segera bergabung. ini memberikan hasil yang semakin hari semakin menngkat response peserta didik. 

d.  hari Pertama pelaksanaan PTS secara daring sudah bisa menjangkau hampir semua siswa, 116 siswa kelas 7 dari 155 , kelas 8 sejumlah 109 siswa dari 119, dan kelas 9 sejumlah 138 dari jumlah 145 siswa


Evaluasi

a.  hasil evaluasi sampai Pekan WFH-3, masih ditemukan beberapa siswa yang belum aktif

b.  Siswa terkendala belum ada perangkat HP , juga kendala pada jaringan internet dan kuota

c.  beberapa guru selow response terhadap aktifitas peserta didik

d.  dari sisi pengerjaan masih ditemukan format anak mengisi belum sesuai panduan

e.  disediakan waktu khusus untuk remidial


Galery WFH- sampai pekan ke-3


contoh Response untuk HAsil Peserta Didik


sebagai bentuk kontrol untuk peningkatan layanan pendidikan model blended learning, maka
Kesan, Saran & Komentar seputar PTS online selama 4 hari bisa mengisi di link:
http://bit.ly/pts2-comment

Rangkuman Kesan ,Saran & komentar yang telah masuk seperti :

*******************************************************************
I' m feeling happy

Pts secara online menurut saya sangat membantu dan mudah dilakuakan. Karena dengan adanya pts online kita langsung bisa melihat nilai yang kita peroleh.

Saran saya waktu untuk mengerjakan setiap soal diperpanjang sekitar 5 menit

Saya merasa bangga kepada pihak sekolah,karena sudah menyelenggarakan PTS 2 ini dengan penuh tanggung jawab. Walupun PTS 2 kali ini sempat diundur, karena suatu wabah. Tetapi tetap diselenggarakn dengan metode online, menggunakan jaringan. Dengan menggunakan metode online ini, memudahkan kami para siswa untuk mengerjakan dengan langsung menerima hasilnya.

Semoga saja kedepannya akan lebih lancarr dan dipermudahkan..

#rindusekolah

Semoga covid-19 cepet hilang...mudeng enggak,dapet uang jajan engak,kangen temen iya....sekian terimakasih

LANGKAH YANG SANGAT EFEKTIF DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN. DALAM PTS DENGAN QUIZZEZ.COM SANGAT MEMBANTU, DAN MUDAH DIGUNAKAN, HANYA SAJA YANG MEMBINGUNGKAN SAAT KODE BERUBAH DAN TELAT MEMBERITAHU KEPADA SISWA, SEHINGGA ORANG TUA JUGA GELISAH DAN KESUSAHAN. TERIMAKASIH 🙏

Membantu untuk bisa ikut pts

Remidi

Pts online lebih mudah diakses

Saya sangat suka dengan PTS semester ini. Karena tidak lagi menggunakan teknik manual,melainkan sudah menggunakan teknik ONLINE jadi nggak perlu menulis/menyilang jawaban yang dipilih, melainkan hanya menekannya saja=)

Ya Semoga aj Nilainya Baguss

Kesan: Saya merasa senang ketika melaksanakan PTS online karena dapat dikerjakan di manapun dan kapanpun.

Saran: sebaiknya pemberian kode PTS lebih awal lagi, supaya jam 8 tepat sudah bisa mengerjakan.

Selama 2 hari ini saya mengikuti pts online ada yang saya belum paham betul materinya. Waktunya pun sangat singkat dalam 1 pertanyaan yang harus di jawab lebih cepat, oleh karna itu di mohon bapak ibu guru memberi waktu dalam 1 pertanyaan di perlambat waktunya. Lebih enak pts secara langsung menurut saya karna tidak terlalu terburu buru karna di kejar waktu yang ada.

Semoga Lacar PTS Nya

Saya sarankan biar gak ada gangguan pasca kita sedang melakukan pts online ini .

Kesan: Sangat menyenangkan, dan menarik.Karena ini pengalaman saya pertama kali PTS online di rumah.

Saran: Semoga kedepannya lebih baik.Dan kami bisa sekolah lagi.

Komentar: PTS online ini menyenangkan. Karena diberi waktu luang yang panjang dari pukul 08.00 - 21.00 WIB dan selain ngerjakan PTS itu saya bisa melakukan aktifitas lainnya. Dan Harapan saya.Saya bisa sekolah kembali.

Kesan : kesan kesan yang saya peroleh hari demi hari saya lalui dengan mengikuti pts online saya menikmati waktu yang diluangkan dengan belajar .

Saran : untuk lebih baik.
Komentar: untuk bpk ibu guru saya ucapkan terimakaasih,semoga pts online berjalan dengan lancar.

jangan terlalu susah,waktunya ditambah *******
********************************************************************

#PEKAN WFH-4 ( 6 - 11 April 2020)

Pekan ke-4 meneruskan PTS-2 dengan jadwal :





Pelaksanaan PTS pekan WFH-4 berjalan lancar dan disempurnakan dengan presensi kehadiran secara online di melalui link
http://bit.ly/PTSSPENSAYO  sebelum pelaksaan dimulai



Monitoring sampai hari Kamis tanggal 9 April 2020, allhamdulillah pelaksanaan PTS online dengan quizizz secara umum berjalan lancar. Kendala yang dihadapi siswa masih sama dengan pekan sebelumnya tetapi ada peningkatan kesadaran dan kuantitas yang melakukan aktifitas pembelajaran secara daring. Bagi yang ketinggalan tidak mengikuti karena kendala alat komunikasi dan sebab lain sekolah memberi kesempatan remidi pada pekan WFH-4 ini, dan telah dimulai pada hari Rabu dan Kamis tanggal 8-9 April 2020. Disela -sela aktifitas pembelajaran daring tidak lupa ibu/bapak guru memberi motivasi dengan permainan, kuis, dll.
selain iu siswa dan orang tua juga masih diberi kesempatan untuk memberi masukan ,saran, tanggapan terkait layanan pembelajaran daring ini melalui link yang telah disediakan.

Demikianlah sedikit catatan Blended Learning di SPENSAYO.... masih banyak yang harus disempurnakan

Sedikit tulisan ini semoga bisa menginspirasi dan jadi bahan rujukan sekolah-sekolah untuk alternatif pembelajaran di tengah Pandemi Covid-19. Semoga badai pandemi ini cepat berakhir dan berlalu, Kita semua masih diberi kesempatan, diberi sehat, umur panjang yang manfaat dan barokah...
aamiin,,aamiin..aamiin..

---
Salam sehat--sehat--sehat... selalu...


5 komentar:

  1. ikut senang ,sungguh memotivasi, dan selamat berkarya 👍🙏

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah. Bagus lah ... semoga sekolah yang lain terinspirasi .

    BalasHapus
  3. Siip buat mr Eddie good job...kapan kapan bisa moga sy bisa ngangsu kawruh

    BalasHapus

PPDB Online di Masa CoviD-19

PPDB Online di Masa COVID-19 (PPDB SPENSAYO) Tanpa terasa, masa covid-19 masih berlangsung ditengah-tengah Pemerintah menyi...